Selasa, 12 Februari 2013

Profil Lengkap Mourinho

'The Special One' adalah sebuah gelar yang ia tujukan untuk dirinya sendiri, siapakah itu ? Tidak lain dan tidak bukan adalah 'Jose Mário dos Santos Félix Mourinho" atau yang lebih akrab disapa dengan panggilan 'Jose Mourinho'. Mou adalah salah satu pelatih terbaik di dunia yang sempat mengantarkan beberapa klub untuk meraih beberapa gelar, mulai dari Chelsea, kemudian Intermilan yang meraih Treble Winner, dan kemudian Real Madrid yang musim lalu merebut gelar La Liga dari sang rival 'Barcelona', tak heran jika ia menamakan dirinya 'The Special One'.

Diumurnya yang masih tergolong 'muda' ini, Jose Mourinho sudah populer, banyak klub yang mengincar pelatih asal Portugal ini, sebelum melatih Real Madrid, Mou sempat memanjakan 'Internazionale' untuk merebut 3 gelar sekaligus dalam satu musim, termasuk gelar paling bergengsi 'Liga Champions'. Kali ini, kami akan menyajikan Profil Lengkap Jose Mourinho beserta sekilas tentang perjalanan karirnya.

Nama Lengkap    : Jose Mário dos Santos Félix Mourinho
Nama Akrab      : Jose Mourinho (mou)
Tanggal Lahir   : 26 Januari 1963
Tempat Lahir    : Setubal, Portugal
Klub Saat ini   : Real Madrid
Posisi          : Pelatih
Kebangsaan      : Portugal
Tinggi Badan    : 175 cm

Tahun 2000 adalah tahun awal perjalanan karir sang 'The Special One' kala itu ia melatih klub asal Portugal 'Benefica', dan bertahan melatih klub tersebut hingga tahun 2001. Kemudian di tahun 2001, ia direkrut oleh klub Leiria, tak ada yang menyangka kinerja Mou di Leiria sebagai pelatih cukup memuaskan, yang kemudian tahun 2002 Porto kala itu sebagai salah satu klub besar liga Portugal merekrutnya sebagai pelatih, dan disana pun ia melatih selama 2 musim. Di musim selanjutnya, tepatnya tahun 2004, Mourinho menjadi pelatih 'The Blues' Chelsea, dan disinilah awal mula masa kejayaan pelatih asal Portugal itu.

Di klub milik Roman Abrahamovic itu ia berhasil mendatangkan gelar liga Inggris juga Piala FA, dan bertahan cukup lama bersama The Blues, 3 musim sudah, dan akhirnya tahun 2007 ia memutuskan untuk rehat dari dunia kepelatihan, dan kemudian tahun 2008 ia direkrut oleh FC Internazionale, di Intermilan ia pun sukses, klub asal Italia ini berhasil dibawanya menyabet 3 Gelar sekaligus, Gelar Serie A Italia, Coppa Italia dan juga Liga Champions. Sayangnya, Mou hanya bertahan selama 2 musim saja bersama I Nerrazuri, yang kemudian ia direkrut oleh Real Madrid.

Di Madrid, bisa dikatakan hasil kepelatihan Mou menurun, ia hanya mampu membawa Madrid meraih gelar Liga Spanyol musim lalu, lantaran tertahan oleh sang rival berat 'Barcelona'. Namun demikian, ia tetap dijuluki 'Sang Spesial Piala', karena hampir setiap klub yang ia tangani pasti bisa mendapatkan sebuah gelar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar